Liburan Anak di India Bukan Hal yang Menakutkan

Liburan anak telah tiba, akan tetapi mereka ingin berlibur ke India. Sementara banyak cerita menyeramkan jika ingin berplesir ke sana. Penduduk yang ramai, jalanan yang macet, membuat kita takut mengajak si kecil. Padahal Negara itu sangat kaya budaya dan memiliki destinasi wisata yang unik.

Sebenarnya kesulitan-kesulitan itu bisa Anda atasi dengan berkunjung ke destinasi yang aman. Tidak semua tempat wisata di India membahayakan, justru bersahabat untuk liburan anak. Apa sajakah itu? Berikut kami paparkan tempat wisata di India yang aman untuk anak-anak.

Berlibur ke pantai

Pantai tidak pernah membosankan anak-anak. Gelombang air, bermain air dan pasir, adalah kesenangan bagi mereka. Pantai Anjuna memiliki beberapa pasar loak, dan hampir semua pantai komersial menawarkan wahana perahu dan outbond. Jika Anda dan keluarga ingi ke tempat yang lebih privat dan menikmati berbagai jenis masakan, Anda bisa berkunjung ke Benaulim. Di sana Anda dan keluarga bisa menemukan berbagai restoran yang lezat dan suasana yang lebih tenang.

Berkunjung ke Taj Mahal

Letaknya tak jauh dari Ibukota New Delhi. Taj Mahal adalah wisata sejarah yang edukatif untuk anak-anak dan merupakan perjalanan wajib jika Anda ke India. Arsitekturnya yang megah, membuktikan bahwa Negara ini memiliki nilai seni yang tidak tergantikan. Tempat Ibadah yang mewah berbalut marmer, kolam yang luas dan tatanan taman yang indah akan menjadi pemandangan tak terlupakan bagi keluarga.

Ski Himalaya

India Utara berbatasan langsung dengan Himalaya, pegunungan yang berbalut salju dan udara dingin. Perbukitan serta lahan salju yang luas adalah tempat yang sempurna untuk berolahraga ski. Mulai dari anak-anak hingga dewasa berbondong-bondong ke kawasan ini untuk belajar berselancar di atas salju. Ski adalah olahraga yahg tepat untuk rekreasi, sebab hormon adrenalin seseorang akan terangsang dan akan memacu semangat. Carilah area yang datar untuk anak-anak agar terhindar dari kecelakaan yang tidak diinginkan. Hindari pula tebing dan jurang demi keselamatan si kecil.

Berdekatan dengan harimau

Di India ada lebih dari 47 Cagar Alam Nasional yang melindungi harimau langka. Mengajak anak Anda untuk safari adalah destinasi yang aman untuk dikunjungi anak-anak. Mereka akan melihat langsung habitat satwa liar dan melihat hewan liar itu berninteraksi satu sama lain.

Padang pasir dan benteng bersejarah

Untuk merasakan padang pasir, cukup menaikki kereta ke arah Jaisalmer, kota paling ujung di India. Wilayah Jaisalmer sangat berdekatan dengan Pakistan dan tidak ada aktifitas di sekitar gurun. Jika ingin mengunjungi benteng bersejarah, Anda dan anak-anak harus berhenti dulu ke stasiun Fort Jaisalmer dan mencari situs bersejarah tersebut.

Fort Jaisalmer adalah benteng yang masih hidup di dunia, sebab masih ada perkampungan yang berlindung di balik tembok merahnya. Benteng ini sudah ada 800 tahun lamanya, Benteng Jaisalmer adalah benteng tertua kedua di Rajasthan, dibangun pada 1156 M oleh Rajput Rawal.

Untuk menikmati perjalanan safari ke padang pasir, baiknya Anda ke bukit pasir Sam, yang tidak  ramai akhir-akhir ini. Bukit pasir di dekat desa Khuri di Taman Nasional Desert lebih damai tetapi sudah mulai menarik minat wisatawan sehingga suasananya agak ramai. Jika Anda memesan paket safari unta dari Jaisalmer, kemungkinan besar akan berhenti di desa Kuldhara yang kini sudah tidak dihuni lagi.

Banyak perusahaan safari unta yang akan memberikan rute terbaik pada Anda. Menaikki unta sembari melihat-lihat pemandangan padang pasir dan Fort Jaisalmer dari kejauhan saat senja menjadi pengalaman tak ternilai.

Bagus Fikri Yuliono

Posted by Bagus Fikri Yuliono

Content Writer, Freelancer Web Design, AI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *